Kerajaan Medang Kamulan

Kerajaan Medang Kamulan adalah kelanjutan dari kerajaan Mataram Hindu didirikan oleh Mpu Sindok dari Dinasti Isyana merupakan Kerajaan yang bercorak Hindu. Awalnya letak Mataram Kuno kberada di Jawa Tengah tetapi demi alasan keamanan Mpu Sinduk memindahkan Ibu Kota di Jawa Timur yang terletak di muara Sungai Brantas dengan ibukotanya Wantan Mas. 

Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia
 

Letak Kerajaan Medang Kamulan
Keberadaan Kerajaan Medang kamulan dapat diketahui melalui sumber sejarah dari berita asing dan berita dari dalam negeri melalui Prasasti-prasasti. Berita dari luar negeri yang menerangkan keberadaan Kerajaan Medang Kamulan yaitu:

Katalog Lengkap Blog YOUSOSIAL
  • Berita dari India menyatakan Sriwijaya Menjalin persahabatan dengan kerajaan di India yaitu Chola untuk menghalangi kemajuan Kerajaan Medang Kamulan
  • Berita dari Cina zaman Dinasti Sung menyatakan terjadi permusuhan antara kerajaan dipulau Jawa dengan kerajaan Sriwijaya.

Sumber Sejarah dari dalam negeri banyak ditemui prasasti-prasasti yang menerangkan keberadaan kerajaan Medang Kamulan, diantaranya:
  • Prasasti Mpu Sindok dari desa Tangeran menyatakan Mpu Sindok memerintah bersama permaisurinya Sri Wardhani Pu Kbin.
  • Prasasti Mpu Sindok tentang pembuatan Candi sebagai Pendharmaan ayah permaisurinya yaitu Rakryan Bawang
  • Prasasti Mpu Sindok dari Lor tentang pembuatan Candi Jayamrata dan Jayastambho (tugu kemenangan) di desa Anyok Lodang
  • Prasasti Calcuta dari raja Air Langga menyebutkan silsilah Raja Mpu Sindok
Kerajaan Singasari

Kehidupan Politik dari kerajaan Medang Kamulan dapat diketahui melalui Raja-raja yang pernah memerintah kerajaan Medang Kamulan, diantaranya:
  • Raja Mpu Sindok bergelar Mpu Sindok Sri Isyanatunggadewa pendiri kerajaan Medang Kamulan memindahkan pusat pemerintah dari jawa timur ke jawa timur.
  • Dharmawangsa melakukan perluasan wilayah ke Kerajaan Sriwijaya akibatnya Sriwijaya melakukan pembalasan bersama kerajaan Wurawari pada saat Pernikahan Putri Raja Dharmawangsa dengan Airlangga, Raja Dharmawangsa dan kerabat kerajaan tewas.
  • Airlangga, ia selamat dari serangan Kerajaan Wurawari bersama pengikut setianya Narottama dan berhasil menundukkan kerajaan Besar seperti kerajaan Murawari, Wengker, dan Raja Putri yang bernama Rangda Indirah yang dikisahkan dalam cerita Calon Arang. Kemudian kerajaan Medang Kamulan terbagi menjadi 2 yaitu kerajaan Kediri dan Jenggala

Dari sisi kehidupan ekonomi kerajaan Medang Kamulan bertumpu pada bidang Pelayaran dan perdagangan. Disisi kehidupan sosial kerajaan Medang Kamulan lebih banyak dipengaruhi oleh agama Hindu sehingga kehidupan sosial masyarakatnya dibagi berdasarkan tingkatan kasta. Selain dibagi berdasarkan kasta kehidupan sosial kerajaan Medang Kamulan juga dibedakan berdasarkan kekayaan materil.