Enam Tipe Agama Hindu

Ayo baca artikel sebelumnya tentang >> Historiografi Indonesia: Tradisional, Kolonial, dan Nasional

Agama Hindu yang sangat menghargai setiap tradisi sehingga menimbulkan banyak aliran yang memiliki tipe kepercayaan yang berbeda. Dari sekian banyak aliran yang berkembang J. MC Daniel mengelompokan enam tipe agama Hindu yaitu: 
  • Agama Hindu Rakyat berkembang melalui kebiasaan dan tradisi masyarakat. Dewa yang dikenal dan disembah oleh agama Hindu Rakyat juga sudah dikenal dari nenek moyang mereka. Agama Hindu rakyat telah lama dikenal sebelum penulisan kitab Weda yang merupakan kitab suci agama Hindu. 

Kitab Suci Agama Hindu
  • Hindu Srauta berkembang dan dijalankan oleh salah satu golongan saja yaitu golongan Brahmana tradisional. Golongan Brahmana tradisional juga disebut dengan Srautin. 
  • Hindu Wedanta yaitu tipe ajaran yang berfilosofi kepada filsafat Wedanta yang terdiri dari Adwaita Wedanta yang menitik beratkan manusia sebagai mahluk sosial juga sebagai mahluk Individu dan kitab-kitab Upanisad. Agama Hindu Yoga tipe sekte ini dipelopori oleh Maharsi Patanjali. Kegitan keagamaan sekte ini dititik beratkan pada pelaksanaan Yoga berdasarkan Yogasutra sastra karya Mahasi Patahnyali. Kata Yoga sendiri berasal dari kata Yuj yang berarti hubungan, jadi proses Yoga untuk menghubungkan roh Individu dengan setiap roh yang bersifat universal Paramatman/Mahapurusa. 
Kitab Upanisad Agama Hindu
  • Agama Hindu Dharma, jika diartikan Agama Hindu Dharma merupakan sebuah ajaran mengenai moralitas dalam kehidupan sehari-hari yang mengenal istilah Karma sebab dari perbuatan manusia. Agama Hindu Dharma dilaksanakan berdasarkan norma kemasyarakatan yaitu adat pernikahan Hindu Wiwaha. 
  • Agama Hindu Yoga ajaran yang mengenai pentingnya aktifitas yoga untuk bertemu dengan sang pencipta. Agama Hindu yoga juga menjadikan aktifitas yoga untuk membersihkan diri dan pikiran.
  • Bhakti merupakan tipe aliran agama hindu yang pelaksanaan kegiatan kegamaan pada kebaktian dalam bentuk tertentu seperti Kresna, Siwa, dan Ganesa. 
Enam tipe agama Hindu diatas tentunya memiliki  dasar pemikiran (Filsafat) yang berbeda. Ada Enam Aliran Filsafar Agama Hindu yang dikenal.
 
Ayo baca artikel selanjutnya >> Enam Tipe Agama Hindu